Family

Family
Iskandar Family

Sabtu, 29 September 2012

Sedih, yang tersangat...

Mama masih ingat  membuat tulisan  di blog ini, tanggal 22 september 2012 di kakek nenek, menceritakan betapa mama merindukan mereka berdua. Tepat 1 bulan lebih tidak menatap wajah mereka yang selalu support akan semua tentang mama.

Ya... rindu yang sangat.

Apakah ini pertanda adanya ketidakberesan, atau apa , mama tidak berpikir banyak, hanya ini mama anggap sebagai bentuk mama kangen seperti sesering mama kangen kepada kalian berdua juga papa.

4 hari setelah membuat tulisan itu, bermimpi kehilangan motor.. terasa begitu sakit dalam mimpi itu,  padahal hanya sebuah motor... tapi ga tau kenapa mama menganggap ini suatu firasat, dan menceritakannya ke papah. Papah hanya tersenyum.. mungkin hanya beneran mimpi buruk , karena di sini memang sangat panas.

Sehari setelah mimpi itu, kakek jatuh dari motor..dan mama tidak tau bagaimana persis cerita itu.
Hari ini 29 september 2012, mama membaca status BBM Syifa.. " Nenek aku sakit"...

degg!!!
apa ini?
Kenapa sampai syifa bikin status menangis??
dan kenapa status uwa dan om, tidak nampak??

Pasti ada yang disembunyikan...
Mama , tanya kepada teh syifa... dan betul perasaan tidak nyaman selama seminggu terbukti... nenek sakit, sakit yang cukup berat dan untuk mempercepat penyembuhannya akhirnya harus dirawat di ruang ICU.

Mendengar istilah ICU saja sudah gemetar, apalagi ini menimpa nenek. Yang menurut uwa .. nenek ga mau masuk ICU. Itu sangat wajar, karena 3 bulan sebelumnya nenek melihat sang kakak masuk ruang ICU dipasang berbagai macam hal di tubuhnya, kemudian tidak ditemani oleh anak2nya, sehingga akhirnya sang kakak meninggalkan semuanya, kembali kepadaNya.

Mungkin nenek ingin hanya berada di dekat anak anaknya.. dia ingin dikelilingi semua keluarganya..

Tapi dokter menekankan... tetap harus observasi dan monitoring ICU.. dan MAMA setuju untuk tindakan itu, karena itu adalah jalan yang terbaik untuk nenek.

Nenek mengalami sakit dada yang luar biasa, yang sangat sakit sepertinya... (menurut cerita uwa)...
dan mama tau itu apa...rasa sakit itu hingga bekeringat dingin (karena menahan rasa sakit yang sangat), sehingga seluruh tubuh menjadi lemas total.

ITULAH yang dinamakan STEMI.. (ST elevation miokard infark), kalau diartikan dalam bahasa indonesia... terjadi perpanjangan posisi ST di grafik QRST jantung akibat terjadinya infark pada otot jantung.
Jadi .. itulah yang dialami nenek..

Otot jantungnya mengalami infark, artinya lagi.. sulit untuk berdenyut, dikarenakan jumlah asupan oksigen yang tersumbat akibat adanya penyumbatan di pembuluh darah.
Sakit yang dirasakan dari dada hingga hampir seluruh bagian kiri tubuh, berasal dari reaksi tubuh untuk memperoleh oksigen... karena oksigen tidak ada, memacu kerja jantung lebih cepat, tensi meningkat plus terjadilah beban kerja otot yang berlebih. Jikalau tidak ditangani segera, kemungkinan pecah pembuluh di arteri bisa saja terjadi.

Intinya... nenek mengalami sakit yang luar biasa. Dan membuat mama sangat sedih, karena mama sedikit banyak mengetahui mengenai bagaimana perkembangan penyakit ini dan seperti apa penyakit ini... dan mama tidak mau kehilangan NENEK.

Terbang kembali ke Indonesia, adalah pilihan mama, dengan segala resiko yang terjadi di kuliah mama, tapi mama ingin sekali memantau perkembangan nenek, dan tidak pernah mau menyesal di belakang.
Rasa takut ini menjalar dari ujung kaki sampai rambut... rasa takut kehilangan yang sangat... rasa dimana , masih banyak hal yang belum mama berikan ke beliau ... rasa sayang yang sangat hingga menjalar ke seluruh tubuh... semua rasa bercampur aduk.. YA ALLAH BERIKANLAH KEKUATAN KEPADANYA, BERIKANLAH KESEHATAN UNTUKNYA...

YA ALLAH, SEMBUHKANLAH IBUKU, NENEK ANAK-ANAKKU...MERTUA dari MENANTU yang selalu menyayanginya, dan ISTRI DARI SUAMI YANG SANGAT MENCINTAINYA...

Ya ALLAH, panjangkanlah umurnya... dan KEMBALIKANLAH NENEK KE KEADAAN SEMULA. SAYA SANGAT MENYAYANGINYA, MELEBIHI APAPUN...

YA ALLAH, KABULKANLAH DOA KAMI UNTUKNYA.... Aminnn